Tuhan menetapkan langkah-langkah orang,
yang hidupnya berkenan kepadaNya.
Apabila ia jatuh, tak sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.

Sabtu, 18 Juni 2011

Hikmat Manusia vs Hikamat Tuhan

Hikmat Manusia
Pengkhotbah
8:1. Siapakah seperti orang berhikmat? Dan siapakah yang mengetahui keterangan setiap perkara? Hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya. 

Ayub 
5:13 Ia menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya sendiri, sehingga rancangan orang yang belat-belit digagalkan. 

Hikmat Tuhan
Mazmur 
111:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya

19:7 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. 
37:30 Mulut orang benar mengucapkan hikmat, dan lidahnya mengatakan hukum; 
37:31Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah. 
Amsal 
16:16. Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak. 

Lukas
21:15 Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. 

Ayub
28:28 tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi."
12:13 Tetapi pada Allahlah hikmat dan kekuatan, Dialah yang mempunyai pertimbangan dan pengertian. 
12:14 Bila Ia membongkar, tidak ada yang dapat membangun kembali; bila Ia menangkap seseorang, tidak ada yang dapat melepaskannya. 
12:15 Bila Ia membendung air, keringlah semuanya; bila Ia melepaskannya mengalir, maka tanah dilandanya. 
12:16 Pada Dialah kuasa dan kemenangan, Dialah yang menguasai baik orang yang tersesat maupun orang yang menyesatkan. 

1 Korintus 
2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 
2:13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 
2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 
2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. 
2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Kita, orang-orang yang percaya kepada Yesus sepenuhnya, merupakan domba yang dilepas ditengah-tengah serigala, namun bukan tanpa perlindungan. Perlindungan kita sepenuhnya adalah dengan TAKUT AKAN TUHAN sehingga HIKMAT ALLAH penuh atas dan dalam kita. Namun takut akan Tuhan juga merupakan pilihan bebas. Tuhan tidak memaksakan kita. Sebab anda pun boleh TAKUT kepada DUNIA atau pun MANUSIA. Andalah yang menentukkan garis akhir atas pilihan anda.

1 Yohanes
4:4. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
4:5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
4:6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

Dunia ini keras, bahkan dunia kerja. Kita sering terseret atau pun tergoda untuk mengikuti arus dunia ini, Hanya supaya kita dapat bersesuaian dengan orang-orang di sekitar kita. Tapi bagaimana jika penyesuaian kita tersebut tidak berpadanan dengan Injil Kristus? Bukankah kita menjdi terjerumus untuk menjadi sama dengan dunia ini???? Padahal setelah kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat hidup kita, kita bukan lagi berasal dari dunia ini tapi berasal dari Surga, sebab kita telah menjadi anak-anak Kerajaan Surga.

Jadi jalan keluarnya apa???
Yaitu TAKUT AKAN TUHAN adalah permulaan HIKMAT. Percaya saja, bahwa Allah selalau memberikan yang terbaik bagi anak-anakNya. Dialah yang lebih mengerti kita dibanding siapapun. Dia tau kelemahan dan kekuatan kita. Dia pasti menunjukkan jalan keluar bagi kita. Selalu harapkan yang terbaik dari Allah bagi kita. Selalu percaya, Allah selalu melakukan mukzijat atas kita dalam setiap hal, kapan pun dan dimana pun.

Sekarang pilihan ada di tangan anda.... Anda memilih HIKMAT MANUSIA (hikmat dari dunia ini) atau HIKMAT TUHAN....

Tuhan Yesus memberkati anda selalu...


Baca juga artikel ini...



0 komentar:

Posting Komentar