Tuhan menetapkan langkah-langkah orang,
yang hidupnya berkenan kepadaNya.
Apabila ia jatuh, tak sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.

Sabtu, 08 Januari 2011

Jenis-jenis Doa

Doa adalah bentuk komunikasi kita sebagai manusia kepada Tuhan yang menciptakan kita. Namun doa juga telah dilencengkan, sehingga doa-doa dinaikkan kepada yang disangka Tuhan, Sang Pencipta. Meski begitu, pada pokok bahasan, doa hanya difokuskan kepada Tuhan, yang adalah Sang Pencipta sejati.

Jenis-jenis doa ada bermacam-macam, dan semua jenis doa diperlukan untuk dilakukan sebagai kebutuhan dasar umat Tuhan. Mengapa? Karena sebagai umat manusia kita dipenuhi berbagai kebutuhan yang mendasar sehingga kita butuh pertolongan/campur tangan Tuhan dalam setiap kebutuhan kita.

Apa saja jenis-jenis doa?
- doa untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan,pengampunan dosa, dan lain-lain
- doa penumpangan tangan untuk kesembuhan ataupun pengurapan, serta pengutusan
- doa syafaat/paga, yaitu berdoa bagi keselamatan, dan perlindungan bagi orang-orang yang kita kasihi, bangsa, negara, serta para hamba Tuhan yang melayani di ladang Tuhan
- doa pelepasan, yaitu bagi kelepasan/keterikatan saudara-saudara kita dari intervensi roh-roh jahat
dan sakit penyakit yang disebabkan roh-roh jahat
- doa peperangan, terhadap roh-roh teritorial, yang menguasai daerah/wilayah bahkan negeri kita, yang tugasnya membutakan bangsa kita dari kebenaran injil Yesus, sehingga kita tetap hidup dalam dosa. Dengan doa peperangan, kita merebut daerah/wilayah bahkan bangsa kita dari cengkraman iblis, sehinga mata rohani bangsa kita terbuka dan bisa menerima kebenaran injil Yesus dan memberi diri diselamatkan.

Peringatan !
Doa pelepasan, dan terlebih doa peperangan, adalah doa strategis, karena kita berhadapan langsung dengan roh-roh jahat serta penghulu dunia ini, juga pemerintah-pemerintah yang disebut kitab Efesus. Kita harus mengenal dahulu yang kita hadapi, serta telah mengetahu prinsip-prinsip doa peperangan, serta tahu bahaya yang mengancam jika kita berperang tanpa memakai selengkap senjata Allah, serta berdoa setiap waktu. Jika belum tahu benar tentang kelepasan dan doa peperangan, lebih baik jangan dilakukan. Jangan kita seperti anak-anak skewa, yang digagahi serta ditelanjangi iblis karena kebodohannya.

Baca juga artikel ini...



0 komentar:

Posting Komentar