Tuhan menetapkan langkah-langkah orang,
yang hidupnya berkenan kepadaNya.
Apabila ia jatuh, tak sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.

Kamis, 09 Desember 2010

Pentingnya Berdoa dalam Roh (Bahasa lLidah)

Berdasarkan Firman Tuhan dan pengalaman, berdoa dalam roh sangat baik dilakukan sesering mungkin, kecuali saat membaca. Karena sesungguhnya kita tidak tahu bagaimana dan apa yang harus kita doakan. Dengan berdoa di dalam roh, kita menaikkan permohonan-permohonan yang tidak terucapkan, permohonan akan kebutuhan kita yang mungkin tidak kita sadari, atau kebutuhan orang lain yang kita tidak kenal. Mungkin saja di bagian dunia lain sedang membutuhkan pertolongan atau bantuan doa. Atau mungkin diri kita sendiri butuh pertolongan menghindari bahaya yang sedang dirancang iblis supaya kita binasa. Tidak ada yang mustahil dan terbukti benar.

Selain alasan di atas, ada alasan lain dan juga penting. Saat kita berdoa di dalam roh, sebenarnya kita sedang membangun diri kita. Itu yang dikatakan Firman Tuhan (ada di alkitab Perjanjian Baru).

Entah bagaimana prosesnya berlangsung, tapi saat kita berdoa dalam roh, roh manusia kita berhubungan langsung dengan Roh Allah.

Hmm..Bayangkan saja saat kita bersama dengan kekasih kita. Saat kita mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang kita kepadanya, dan kita menerima respon yang sangat baik, bukankah kita menjadi bahagia dan rasa cinta dan kasih sayang kita menjadi berlipat ganda? Bersama kekasih kita bahkan mengubahkan karakter-karakter buruk kita. Kita menjadi semakin lebih baik.

Begitu juga jika kita sering berkomunikasi dengan Dia. Kita menjadi semakin tahu apa yang Dia suka dan benci. Kita selalu ingin menyenangkan hatiNYA, bahkan bersedia menanggalkan manusia lama kita demi berkenan di hatiNYA.

Selain itu, berdoa dalam roh akan mengajar kita memahami hati dan pikiran Tuhan. Menjadikan kita sebagai sahabatNYA dan bukan lagi hamba yang tidak tahu apa-apa tentang tuannya.

Saat berdoa dalam roh, jangan biarkan pikiran atau akal budi kita kemana-mana, tetapi juga ikut berdoa.

Berdasarkan pengalaman, berdoa dalam roh juga dengan akal budi, menjadikan aku lebih fokus, terarah, dan melakukan kehendak Allah.

Baca juga artikel ini...



0 komentar:

Posting Komentar